التنازع في العمل
إن عاملان اقتضيا في اسم عمل # قبل فللواحد منهما العمل
Jika terdapat dua amil yang ditujukan kepada satu objek yang dan
disebut sebelumnya, maka hanya satu dari kedua amil tersebut yang berlaku pada
objek itu.
والثاني أولى عند أهل البصرة # واختار عكسا غيرهم ذا أسرة
Para ulama Bashrah mengatakan bahwa amil kedualah yang lebih utama
(karna lebih dekat dengan objeknya). Sedangkan sedangkan ulama-ulama yang pakar
selain mereka (ulama Kuffah) mengatakan sebaliknya (amil pertama lebih utama
karena disebut lebih dahulu.
وأعمل المهمل في ضمير ما # تنازعاه والتزم ما التزما
Pakailah amil yang tak terpakai itu pada dhamir (yang kembali pada)
objek yang diperebutkan kedua amil. Dan wajibkanlah (idhmar) pada sesuatu yang
tidak boleh dibuang (yaitu jika dua amil memperebutkan subjek).
كيحسنان ويسيء ابناك # وقد بغى واعتديا عبداك
Seperti :يحسنان ويسيء ابناك (kedua amil memperebutkan subjek, dan amil
pertama tidak dipakai maka wajib diidhmarkan padanya fail). Begitupula pada
contoh: قد بغى واعتديا عبداك.
ولا تجىء مع أول قد أهمل # بمضمر لغير رفع أوهلا
Dan jangan datangakan dhamir pada amil yang tidak diapakai pada
selain amil yang ditujukan kepada subjek (fail atau naibnya).
بل حذفه الزم إن يكن غير الخبر # وأخرنه إن يكن هو الخبر
Dhamir tersebut harus dibuang (pada objek) yang (aslinya) bukan
khabar (yaitu maf'ul yang bukan pada bab dzhanna). Tapi jika objek itu (aslinya
merupakan) khabar maka ia disebut di akhir (seperti: ظنني وظننت زيدا قائما
إياه
)
وأظهر إن يكن ضمير خبرا # لغير ما يطابق المفسرا
Jadikanlah sebagai isim zahir dhamir yang menjadi khabar pada amil
yang muhmal ketika dhamir tersebut tidak sesuai dengan mafu'l yang ia
tafsirkan.
نحو أظن ويظناني أخا # زيدا وعمرا أخوين في الرخا
أظن (fi'il fa'il) يظناني (fi'il, fa'il, mafu'l awwal) أخا (maf'ul tsani bagi يظناني) زيدا (maf'ul awwal bagi أظن) وعمرا (ma'tuf) أخوين ( maf'ul tsani) في الرخا ( jar majrur mutanaza').
Comments
Post a Comment