الإستثناء

 

مااستثنت الا مع تمام ينتصب # أو بعد نفي أو كنفي انتخب

Kata benda yang إلا  kecualikan itu dinasabkan ketika kalimatnya tamm/sempurna (dan mujab/positif). Sedangkan jika kalimatnya mengandung negasi atau yang serupa dengan negasi maka yang dipilih adalah. . .

 

إتباع ما اتصل وانصب ماانقطع # وعن تميم فيه إبدال وقع

Mengikutkan kata itu (ia menjadi badal ) jika kalimatnya muttasil (mustatsna dan mustatsna minhu satu spesies), dan menashabkannya jika kalimatnya munqathi' (tidak satu spesies). Tapi menurut suku Tamim, menjadikan kata itu badal pada kalimat munqathi' itu boleh.

 

وغير نصب سابق في النفي قد # يأتي ولكن نصبه اختر إن ورد

Terkadang mustatsna yang disebut sebelum mustatsna minhu yang berada dalam kalimat negasi itu tidak nashab (tapi rafa'), tapi menashabkannya jauh lebih baik.

 

وإن يفرغ سابق إلا لما # بعد يكن كما لو إلا عدما

Jika kata sebelum illa itu ditujukan (mufarrag yaitu ketika tidak disebutkan subjek dari kata kerja, begitupula objek dari subjek) kepada kata yang disebut setelah illa, maka illa disini ada seakan ia tiada (yaitu kata sebelum illa langsung berlaku pada kata setelah illa. Istisna muffarag hanya berlaku pada kalimat negasi).

 

وألغ إلا ذات توكيد كلا # تمرر به إلا الفتى إلا العلا

Jangan berlakukan illa  (yang disebut dua kali) yang menjadi taukid seperti: لا تمرر به إلا الفتى إلا العلا/ jangan berpapasan dengannya kecuali pemuda yaitu si Ala'.

 

وإن تكرر دون توكيد فمع # تفريغ التأثير بالعامل دع

Jika illa disebut lagi bukan untuk menjadi penguat, maka ketika kalimatnya mufarrag, berikanlah konsekuensi amil itu. . .

في واحد مما بإلا استثني # وليس عن نصب سواه مغني

pada salah satu dari isim yang dikecualikan illa. Sedangkan kata benda selain itu (yang tidak dipengaruhi amil) selalu membutuhkan nasab (harus dinasabkan).

 

ودون تفريغ مع التقدم # نصب الجميع احكم به والتزم

Jika kalimatnya bukan mufarrag dan semua mustasna disebut lebih dahulu (sebelum mustastna minhu), maka semuanya harus dinashabkan (seperti: قام إلا زيدا إلا عمرا إلا بكرا القومُ)

وانصب لتأخير وجىء بواحد # منها كما لو كان دون زائد

Adapun kalimat yang seluruh mustasnanya disebut di akhir, maka nashabkanlah ia tetapi dengan menjadikan salah satu dari mereka mendapatkan konsekuensi yang sama sebagaima illa tidak diulangi (yaitu bisa menjadi badal atau nashab. Dan kondisi ini adalah ketika kalimatnya negative. Sedangkan jika kalimat positif maka semua mustasna harus dinashabkan.)

كلم يفوا إلا امرؤ إلا علي # وحكمها في القصد حكم الأول

لم يفوا إلا امرؤ إلا علي/ tidak ada dari mereka yang memenuhi kecuali seseorang kecuali Ali (إمرؤ menjadi badal dari wawu, dan علي  menjadi mustasna. Dan disini kalimatnya negative.) dan hukum-hukum mustasna yang diulangi itu sama seperti mustasna pertama (yaitu sebelumnya merupakan bagian dari mustasna minhu kemudian dikeluarkan dengan illa).

 

واستثن مجرورا بغير معربا # بما لمستثنى بإلا نسبا

Kata yang disebut setelah غير yang mu'rab itu dikecualikan dan menjadi majrur dengannya, layaknya kata yang dikecualikan dengan illa. (hukum-hukum yang berlaku pada mustasna ketika dikecualikan dengan illa diberikan kepada غير, sementara mustasna majrur dengan غير.)

 

ولسوى سوى سواء اجعلا # على الأصح ما لغير جعلا

Menurut pendapat yang lebih sahih, bahwa siwan atau suwan dan sawa'in itu hukumnya sama seperti ghairu.

 

واستثن ناصبا بليس وخلا # وبعدا وبيكون بعد لا

Kata yang dikecualikan dengan laisa, khala, 'ada dan la yakunu itu harus dinasabkan (sebagai khabar pada laisa dan la yakunu, dan maf'ul pada khala.)

 

واجرر بسابقي يكون إن ترد # وبعد ما انصب وانجرار قد يرد

Jarrkanlah dengan khala dan 'ada jika engkau menghendakinya (ketika keduanya tidak didahului ما). Dan jika mereka didahului oleh ما maka nashabkanlah mustasna. Dan terkadang ia dijarrkan.

 

وحيث جرا فهما حرفان # كما هما إن نصبا فعلان

Ketika keduanya menjarrkan mustasna maka keduanya adalah huruf. Dan ketika keduanya menasabkannya maka keduanya adalah fi'il.

وكخلا حاشا ولا تصحب ما # وقيل حاش وحشا فاحفظهما

حاشا  itu seperti خال (bisa menjadi fi'il dan huruf) tetapi ia tidak didahului oleh ما. Dan ada juga yang menyebutnya حاش dan حشا.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

Dunia Hologram dalam Perspektif Spiritual dan Sains

Filosofi Battousai

review film da vinci demons