BAB DZANNA WA AKHAWATUH

 

 

انْصِبْ بِفِعْلِ الْقَلْبِ جُزْأَي ابْتِداَ

أعْنِي رأَى خَالَ عَلِمْتُ وَجَدَا

,nashabkanlah mubtada dan khabar jika dimasuki oleh af'alul qalbi, yaitu: ra'a , khala, 'alima, wajada,

ظَنَّ حَسِبْتُ وَزَعَمتُ مَعَ عَدْ

حَجَا دَرَى وَجَعَلَ اللَّذْ كَاْعْتَقَدْ

dzanna, hasiba, za'ama, 'adda, haja, dara, ja'ala. semua fiil tersebut bermakna yakin.

وَهَبْ تَعَلَّمْ وَالَّتِي كَصَيَّرا

أيْضًا بِهَا انْصِبْ مُبْتَدًا وَخَبَرَا

begitu pula dengan fi'il amr hab dan ta'allam. kemudian (nashabkan pula) mubtada dan khabar dengan shayyara dan  sejenisnya (af'al tahwil).

وَخُصّ بِالتَّعْلِيقِ والإلْغَاءِ مَا

مِنْ قَبْلِ هَبْ والأَمْرَ هَبْ قَدْ أُلْزِمَا

fi'il-fi'il selain hab (dan ta'allam), diistimewakan dengan at ta'liq (tidak memberlakukan hukum af'al qulub pada ma'mul, tetapi masih menggunakan makna yang sama), dan al ilgha' (tidak memberlakukan hukum dan makna af'al qulub pada ma'mul)

كَذَا تَعَلَّمْ وَلِغَيْرِ الْمَاضِ مِنْ

سِوَاهُمَا اجْعَلْ كُلَّ مَالَهُ زُكِنْ

Begitupun dengan (fi'il)  ta'allam, (fi'il-fi'il) selain keduanya memiliki bentuk-bentuk tashrif.

وَجَوِّزِ الإِلْغَاءَ لا فِي الابْتِدَا

وانْوِ ضَمِيرَ الشَّانِ أوْ لامَ ابْتِدَا

Ilgha' diperbolehkan jika af'al tersebut tidak diletakkan di muka. Dan takdirkanlah dhamir syan atau lam ibtida (yang menghasilkan at ta'liq)

فِي مُوهِمٍ إلْغَاءَ مَا تَقَّدمَا

والْتَزِمِ التَّعلِيقَ قَبْلَ نَفْيِ مَا

  pada kalimat yang Nampak seperti tidak memberlakukan tugas (al ilgha'). Dan at ta'liq harus dilakukan jika (af'al ini) didahului oleh ma nafiyah,  

وَإنْ وَلا لامُ ابْتداءٍ أوْ قَسَمْ

كَذَا والاسْتِفْهَامُ ذَا لَهُ انْحَتَمْ

In nafiyah, lam ibtida, lam qasam, huruf istifham.

لِعِلْمِ عِرْفَانٍ وَظَنِّ تُهَمَه

تَعْدِيةٌ لِوَاحِدٍ مُلْتَزَمَهْ

Fi'il 'alima yang berarti 'arafa (mengenal), dan dzanna yang bermakna wahama (mengira) maka keduanya muta'addi hanya kepada satu maf'ul.

وَلِرَأى الرُّؤيا انْمِ مَا لِعَلِمَا

طَالِبَ مَفْعُولَيْنِ مِنْ قَبْلُ انْتَمَى

adapun ra'a yang bermakna mimpi (ru'ya), ia mutaaddi kepada dua maf'ul

ولاَ تُجِزْ هُنَا بِلاَ دَلِيلِ

سُقُوطَ مَفْعْولَيْنِ أوْ مَفْعُولِ

dalam bab ini, satu maf'ul atau keduanya tidak boleh dihilangkan kecuali ada buktinya.

وَكتَظُنُّ اجْعلْ تَقُولُ إنْ وَلِي

مُسْتَفْهَمًا بِهِ وَلَمْ يَنْفَصِلِ

Fi'il qala bisa beramal seperti dzanna dengan empat syarat: mudhari, dhamir mukhatab seperti taqulu, didahului oleh huruf istifham, dan tidak dipisah oleh selain dari:

بِغَيْرِ ظَرْفٍ أوْ كَظَرْفٍ أوْ عَمَلْ

وَإنْ بِبعْضٍ ذِي فَصَلْتَ يُحْتَمَلْ

Dzaraf, jar-majrur, ma'mul fi'il.

وَأُجْرِيَ القَوْلُ كَظَنٍّ مُطْلَقَا

عِنْدَ سُلَيْمٍ نَحْوُ قُلْ ذَا مُشْفِقَا

Adapun pada mazhab Sulaim, keempat syarat tersebut tidak diharuskan bagi fi'il qala untuk beramal layaknya dzanna.

Comments

Popular posts from this blog

Dunia Hologram dalam Perspektif Spiritual dan Sains

Filosofi Battousai

review film da vinci demons